1- Segera Belajar Bahasa Arab. Cobalah untuk belajar bahasa Arab, minimal 1 x 1 minggu, dan minimal selama 1 tahun. Hadir di setiap pertemuan. Siapapun gurunya dan apapun metodenya. Minimal kita dapat pahala dan barokah, insyaallah. Jika ada dana…ikut kursus yang ada biayanya. Jika tidak ada dana….ikut kursus yang gratisan.
Untuk mendapat kursus gratis gampang sekali. Kalau kita main ke Masjid lalu bertemu dengan orang berjanggut dan celana menggantung, smpaikan saja padanya “Pak, ana mau belajar bahasa Arab sama Bpk”. Kalau dia bilang “Saya juga tidak bisa”, maka langsung kita ajukan pertanyaan “Siapa ustadz yang bisa bahasaArab untuk kita belajar bahasa Arab padanya?”.
Dan syukur-syukur jika memang kita punya kenalan orang yang sudah pandai bahasa ARab.
Namun, kadgkala kita berjumpa orang yang bisa bahasa Arab tapi tidak PD mengajar. Maka kita usahakan minta waktunya. Sebetulnya, ia bisa mengajar. Cuma secara mental mungkin belum siap mengajar formal. Maka, kita setting pertemuannya untuk berbincang santai tentang bahasa Arab. Setiap pertemuan hanya diisi dengan bertanya tentang kosakata baru dan bagaimana rumus-rumus membaca kitab gundul serta menerjemahkannya….dan langsung ambil contoh-contoh paragraf yang hendak dianalisis cara membaca dan menerjemahkannya.

Jika, ada sebuah kelompok belajar yang kita ikuti, maka walaupun jumlah peserta berkurang, bahkan habis, tapi kita jangan berhenti sampai sang Ustadz yang menutup forum belajar itu hingga waktu yang tidak ditentukan.
Dan jika itu benar-benar terjadi, maka segera cari guru baru dengan cara seperti di atas.
Ingat, di awal belajar jangan pilih-pilih metode dan jangan pilih-pilih guru.
Memang Metode dan Guru itu menentukan.
Banyak orang yang mencari guru yang bagus dan metode yang bagus. Tapi tidak banyak orang yang MEMPERBAGUS keistiqomahannya dalam belajar.

 

2- Rajin Baca Buku. Jika dana cukup lebih bagus beli. Jika belum cukup, jangan ragu untuk pinjam sama teman.
Ingat, buku apapun bagus dan pantas serta layak dibaca. Karena memang, semua penulis pasti menyusun buku untuk dibaca dan dipelajari. Setiap buku yang ditulis tentang bahasa Arab pasti ada saja orang yang cocok dengan buku itu. Belum ada satu buku yang ditulis lalu tidak seorangpun yang meyukainya.
Maka, pasti ada 1 atau lebih di antara buku itu yang cocok untuk antum.
Pola baca yang ana sarankan adalah begini: baca perhalaman. Jika ada yang antum bingung dan tidak mengerti maka dilewati saja segera dan pindah ke halaman atau topik atau bagian berikutnya. Jika satu buku penuh antum baca dan tidak faham-faham juga, tidak mengapa dan jangan berkecil hati…segera cari buku yang lain.
Buku yang bagus untuk pemula adalah buku yang dikarang oleh orang Indonesia (bukan karya terjemahan), tidak berjilid-jilid (cukup yang satu jilid saja dulu. Bukan jilid satu dulu ya…tapi buku yang benar-benar satu jilid saja), dan bukunya tipis2 saja (jangan yang tebal-tebal dulu).

3- Sering Bertanya. Setiap bertemu dengan kebingungan apapun atau keingintahuan apapun terhadap bahass Arab, segera catat. Dan tanyakan pada siapapun dan dalam kesempatan apapun, yang menurut kita beliau fahm bahasa Arab.

4- Budaya Berbahasa Arab.
Kita harus mulai membiasakan diri untuk menghidupkan budaya Arab dalam keseharian kita. Ingat, bukan budaya versi orang Arab. tapi budaya versi Arab Islam.
a. Mulai dari kata-kata misalnya: kita sudah harus membiasakan mengucapkan “Ana” dan “antum”. kalau ketemu teman ucapkan “kayfa haluk?”, kalau berpisah sm teman “Fii amaanillah”, kalau ada orang datang ke tempat kita “Ahlan wa sahlan”, dst.
b. Di laptop atau komputer yang biasa kita pakai harus segera di-install program supaya bisa mengetik Arab. Sekarang sudah ada cara install atau aktifkan program mengetik Arab tidak sampai 5 menit
c. Tulisan-tulisan tangan kita, khususnya agenda harian kita sudah mulai dibiasakan beraksara Arab. mMisal kita mau tulis rencana hari ini
“Saya akan pergi silaturrahmi”
tulis dengan
أذهب إلى صلة الرحم
meskipun kaidah bhs Arabnya masih salah tapi tidak apa-apa. Ini nanti akan jadi kebiasaan yang luar biasa.
Contoh lain, kalau antum ada rencana hari ini mau khithbah akhowat, ketik saja
خطبة المرأة

5- Mengajar / Sharing. Agar jika telah mendapatkan pemahaman (walaupun belum utuh dan sempurna) segera ajarkan pada yang lain. Karena mengajar itu akan mengikat memori. Cara mengajarnya cukup dengan format bincang santai dengan teman-teman. Tidak mesti formal. Tapi nanti, apabila pemahaman kita sudah semakin baik, maka kita harus mengajar secara formal dan intensif. Formal di sini artinya tidak harus berupa lembaga. Cukup kita kirim info kepada teman-teman, seperti ini “Yang mau belajar bahasa Arab, silakan datang pada hari jumat jam 06.00 WIB di rumah Ust Ahmad Dandung, Materi Ilmu Nahwu dan Shorof dasar. Gratis“.
Kalau sebuah kelompok yang kita ajar lalu bubar dalam waktu singkat, maka dalam waktu singkat juga kita harus segera mencari murid baru lagi.
Kegiatan mengajar ini jangan sampai berhenti.
Ana punya pengalaman pribadi, dan ana juga punya pngalaman memperhatikan teman-teman yang kami bina….bahwa dengan mengajar mereka lebih pesat perkembangannya.
Maka, ana punya pesan “mengajar intensif 1 tahun hasilnya bisa jadi akan sama dengan kalau kita hanya belajar selama 10 tahun. dan mungkin akan lebih baik lagi“.
Sudah merupakan axioma, bahwa orang yang mengajar pasti akan terdorong untuk lebih giat belajar. Dan dengan mengajar maka seseorang akan mendapatkan banyak pengalaman menghadapi berbagai macam pertanyaan dari peserta…ini membuat dia akan menjadi tambah kaya ilmu.

6- Doa. Berdoa yang ikhlas, tulus serta sungguh-sungguh. Dan juga doakan teman kita dan sebutkan namanya seperti ini “Yaa Allah, mudahkanlah Saudin, Mas Kholil, Bang Ihsan, Haji Wandy, Kang Yogi, Iwan Abu Nabila, Hardiman, Laode Tamrin, Ja’far Sandi, Bang Febri Jo, Pak Irfan NGP, untuk bisa bahasa Arab dengan baik“. Karena doa yang baik-baik akan diaminkan Malaikat dan akan diaminkan juga agar kita mendapat kebaikan yang sama

Dmikian, 6 TIPS untuk Sukses belajar bahasa Arab

“Bahasa Arab itu Penting, Mudah dan Menyenangkan”

 

Dikembangkan dari tulisan yang kami share tertanggal 07-10-2010